Latte Art bersama Michael J. Gibbons

Michael J. Gibbons seorang barista dan spesialis kopi dari Australia menunjukan cara membuat latte art kepada puluhan pengunjung di bar Social House Mall Grand Indonesia. Acara ini merupakan bagian dari agenda Jakarta Culinary Festival yang dikemas dengan nama Coffee Culture bekerja sama dengan Illy Coffee tanggal 22 November lalu.  Latte yang diturunkan dari bahasa Itali, caffelatte, sebagaimana yang kita ketahui adalah milk based coffee, sebuah minuman yang populer selain cappuccino, terutama di cafe2 Amerika.

Salah satu faktor penting sebuah latte adalah kualitas frothing susu yang fungsinya adalah untuk meningkatkan dan memperkuat rasa kopi, bukan sebaliknya. Jadi bukanlah latte kalau rasa susunya lebih dominan dibandingkan dengan kopinya, atau kopi dengan sedikit rasa susu.  Untuk mencapai kriteria tersebut tentunya diperlukan sebuah mesin espresso yang bertenaga agar proses frothing benar2 menghasilkan busa halus atau micro foam dalam susunya, selain keterampilan teknis si barista tentunya.

Bagi barista sekaliber Gibbons, yang kelahiran Australia, latte art bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan, apalagi dengan pengalamnnya yang malang melintang selama 20 tahun di industri kopi. Keterampilannya dalam menuangkan susu dan membentuk rosetta dalam waktu singkat serta bentuk2 latte art lainnya membuat para pengunjung sangat menikmati suguhan acara ini.Tidaklah aneh karena Gibbons juga seorang yang bersertifikat pengajar dalam lembaga pendidikan kopi bergengsi Universita del Caffe.

Dalam obrolan singkat dengan saya, Gibbons yang juga seorang Business Development Manager perwakilan Illy Coffee di Indonesia, PT Bahana Genta Viktory, akan segera membuka Universita del Caffe, sebuah lembaga pendidikan kopi pertama di Indonesia bagi perusahaan atau individu yang tertarik dengan bidang ini. Rencananya mereka akan membuka kelas sekitar bulan Februari atau Maret tahun depan, jadi kita tunggu saja formatnya seperti apa.

Don’t drink your latte, if there’s a beautiful art there🙂

* * * * *

3 Responses to “Latte Art bersama Michael J. Gibbons”


  1. 1 arry December 3, 2009 at 11:03 PM

    wkwkwkw bikin latte art gagal molo, sampe habisin susu 1 liter..
    udah dicoba semua grade susu:
    GREENFIELD Full Fat
    GREENFIELD Low Fat
    GREENFIELD Skim

    hasilnya berantakannnnn… susahhhhhhhhhhh… hhuhuhuhu

    Senasib, tapi saya memang pake mesin yang kecil dan suka bengek waktu frothing😦

  2. 2 Irvan December 6, 2009 at 6:14 PM

    Entah karena tampilannya yg cantik atau krn sy tau bikinnya susah, tapi saya sering ngerasa sayang kalo mau minum latte art… Tapi diliatin doang juga gak berasa enaknya ya😀

  3. 3 Michael February 16, 2010 at 2:54 PM

    Hey everyone if you want to learn how to make coffee art we will be opening Universita dell Caffe dell’Indonesia at the end of March!
    Very cool!

    This blog has been invited … cool🙂


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s





%d bloggers like this: