Dari event Starbucks Coffee Ambassador 2009

We have something bigger than coffee. (Howard Behar, former President, Starbucks International)

Di auditorium XXI Jakarta Theatre 20 peserta dari berbagai gerai Starbucks se Indonesia memperebutkan gelar Coffee Ambassador untuk tahun 2009. Inilah acara tahunan yang diadakan perusahaan kopi ini untuk memilih duta kopi yang bukan hanya menguasai teknis pembuatan frappuccino di belakang mesin espresso, tapi juga dituntut memahami filosofi kopi dari sebuah perusahaan yang berprinsip, if you grow people, the people grow the business.

Saat menerima undangan dari Starbucks Indonesia saya memperkirakan acaranya tak jauh dengan Indonesian Barista Championship sebuah event tahunan untuk menguji kemampuan para bartender kopi. Ternyata asumsi saya terbalik, acara ini dikemas lebih jauh lebih menghibur, dengan musik hingar bingar, sorak sorai penonton, tapi tentu saja tanpa meninggalkan unsur edukasi akan pentingnya penguasaan pengetahuan tentang kopi dari setiap peserta. Anthony Cottan dari pihak pemegang lisensi Starbucks di Indonesia yang membuka acara berharap bisa membawa Howard Schultz, CEO Starbucks datang ke Indonesia tahun depan.

Format lomba ini dibagi dalam tiga tahapan, seleksi pertama adalah memilih enam peserta terbaik dari 20 peserta awal. Keenam kontestan ini kemudian dipilih lagi menjadi tiga finalis yang akan memperebutkan trofi Ambbassador Cup. Di tahap awal, kesemua peserta akan diberikan pertanyaan pilihan ganda, benar dan salah, dan menyebutkan salah satu kategori jawaban berdasarkan sebuah narasi yang dibawakan oleh pembawa acara. Pertanyaan berkisar pengetahuan tentang jenis kopi, asalah region kopi, hingga proses roasting. Selain itu ada juga pertanyaan mengenai karakteristik kopi di Starbucks, perawatan mesin espresso, dan hal2 teknis seperti berapa “pull” yang harus dilakukan dengan mesin grinder untuk menghasilkan sebuah minuman espresso.

Walau mereka bergelut dengan kopi setiap hari, tidak tertutup kemungkinan peserta salah memberikan jawaban untuk soal sederhana sekalipun seperti produk kopi yang dikeluarkan oleh perusahaan ini. Mungkin karena tegang, misalnya beberapa orang memilih “balanced”saat menjawab karakteristik kopi jenis arabika yang seharusnya adalah “mild coffee”. Pertanyaan lain misalnya, negara mana yang bukan penghasil kopi robusta : Ivory Coast, Costa Rica, Kenya, Indonesia. Anda tahu jawabannya yang mana ?

Saat sesi terakhir dimana hanya tinggal tiga orang peserta, mereka diminta melakukan blind tasting kopi. Ini sesi menarik dan menurut saya yang paling sulit karena dibutuhkan keterampilan prima untuk bisa menebak tiga jenis kopi yang disajikan dengan cara menghirup dan slurping. Selanjutnya ketiga finalis diminta mempresentasikan sebuah jenis kopi kepada para juri. Di sini bukan saja pengetahuan kopi yang dibutuhkan, tapi kemampuan berkomunikasi dalam bahasa Inggris dan menyampaikan materi semenarik mungkin. Mungkin inilah salah satu tujuan pemilihan Coffee Ambassador, sebuah acara dimana pemenangnya dituntut mampu merepsentasikan dan membentuk citra positif Starbucks di mata publik.

Akhirnya Rioyanuar dari Starbucks Sumarecon Serpong berhail meraih penghargaan sebagai Coffee Ambassador setelah menyisihkan 20 peserta lain. Selain hadiah uang, ia juga berhak atas tiket perjalanan ke perkebunan kopi di Thailand. Selain hadiah tersebut, sebuah apron berwarna coklat dikalungkan oleh Micahel Cottan kepada Rio sebagai puncak acara ini. Warna coklat merupakan simbol pengakuan perusahaan ini terhadap Coffee Ambassador atas prestasinya akan pengetahuan yang mendalam tentang Starbucks.

It’s not about coffee, it’s about people kata Howard Behar, mantan President Starbucks International, dan menurut saya event ini merupakan salah satu mantra sebuah perusahaan yang bergerak dibidang human services dan bukan customer services.

Enjoy the pictures while sipping your Caramel Macchiato !

* * * * *

11 Responses to “Dari event Starbucks Coffee Ambassador 2009”


  1. 1 Romie November 29, 2009 at 8:12 PM

    wow !
    Liputan-nya semegeah acara-nya
    u’r so creative mas Toni !

    Thanks for the invitation Mas Romie … love the event and had a chance to say hi with amazing people there !

  2. 2 rioyanuar November 30, 2009 at 8:04 PM

    Thanks Mr Toni atas liputannya😀

    Hi Rio … congrats. Kapan2 kita ngobrol ya🙂

  3. 5 kiki rizki December 1, 2009 at 12:58 AM

    Hi Mas Toni…Terimakasih buat liputannya yaaa…Keren habis, mas!!!

    Sama2 …

  4. 6 marciakristianto December 1, 2009 at 9:28 AM

    huaaaaaaaaaa…so this is how my friend got appointed as the Coffee Ambassador 2009, ey?! this is awesome😀

  5. 7 Rama December 3, 2009 at 5:56 PM

    Mas Tony,

    Keren amat liputannya..luv Coffee very much ya..bikin acara donk mas buat coffee lover pada ngumpul..nanti saya ikutan ya..

    Thank You

    Love coffee so much … tentunya.

  6. 8 avolina December 12, 2009 at 7:31 PM

    Thank you….bisa baca liputan Coffee Ambassador Event dari Cikopi….appreciate banget nih Mas Toni…

    Hi Avolina. Saya juga terima kasih sudah bisa bertemu dengan orang2 yang begitu punya passion dengan kopi dalam acara ini. Moga2 diundang lagi ya untuk event berikutnya🙂

  7. 9 fani December 12, 2009 at 9:29 PM

    waah mr.toni liputannya hebat!! tapi maaf mr. toni.. yang juara dua itu Fani nurfallah… kalista juara ke tiga.. sekali lagi makasih atas liputannya… kereeeeeeeeeeeeeen!!🙂

    Hi Fani. Terima kasih koreksinya, sudah langsung saya perbaiki. Selamat ya.🙂

  8. 10 fani December 14, 2009 at 9:16 PM

    mr. toni terima kasih yak.. nanti saya ikutan dong klo ngobrol bareng.. kok rio aja..
    *he.. piss brader rio..🙂

    Kalau saya ke Bandung, disamperin deh di KM 19.🙂

  9. 11 budiman January 14, 2010 at 11:42 AM

    Mas Toni, apa benar, Starbucks pernah klaim: “kami tidak menjual kopi terbaik, tapi suasana menikmatinya yang terbaik”? Liputannya menarik. Mas, kalau ada ajang-ajang tentang kopi, dishare dong jadwalnya, mana tahu dpt ikut?


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s





%d bloggers like this: