Cofee maker itu "hot"

cm2

Coffee maker atau drip coffee maker (dripolator) ini cukup populer sebagai salah satu bentuk penyajian kopi yang banyak dijual di berbagai supermarket. Populer di Amerika sejak tahun 1972 saat pertama kali dijual dengan nama Mr. Coffee sebuah perusahaan dari Cleveland Ohio yang menggunakan pemain baseball terkenal Joe DiMaggio sebagai ikon produknya. Vincent Marotta pemilik perusahaan Mr. Coffee yang mematenkan alat coffee maker ini harus meyakinkan pemain baseball legendaris klub Yankee yang juga suami Marilyn Monroe tersebut untuk menjadi jubir perusahaannya.  Sebuah Publisitas yang kemudian mengangkat sukses alat ini yang menggantikan coffee percolator yang lebih dulu populer.

cm5

Tersedia dalam berbagai merek  dengan kisaran harga 200 ribuan ke atas terutama untuk merek2 yang sudah terkenal.  Alat yang saya punya menggunakan daya sekitar 200 watt, memang cukup boros karena harus memanaskan elemen untuk menjerang air. Proses pembuatan kopinya cukup mudah, tapi sebelumnya siapkan dulu filter kopi yang juga banyak dijual di supermarket. Beberapa merek seperti Electrolux sudah dilengkapi dengan penyaring kopi yang bisa dibersihkan, jadi tidak diperlukan filter terpisah. Masukan kopi ke tempat yang sudah disediakan lalu tutup rapat.

cm3

Setelah itu masukan air sesuai takaran, biasanya berada di bagian atas mesin, lalu pencet tombol “ON”. Tak lama kemudian air yang mengalir dari tank mulai memasuki kontainer kopi dan jatuh ke dalam teko di bawahnya. Prosesnya sangat singkat, kurang dari satu menit kopi sudah mulai menetes dan beberapa menit kemudian segelas kopi sudah siap dinikmati.

cm1

Jangan bandingkan dengan mesin espresso tentunya untuk masalah kepekatan karena tidak ada tekanan udara yang dipompakan. Mekanisme mesin ini seperti Vietnam Drip, namun untuk masalah rasa, lidah anda adalah juri terbaik.

Bagi saya unsur kepraktisan membuat mesin ini tetap saya gunakan hingga sekarang. Selain itu satu hal yang membuat saya menyenang coffee maker adalah kemampuannya membuat  kopi tetap hangat sepanjang alatnya dinyalakan. Tentu sedap menikmati kopi yang hangat karena mesin ini menyediakan warmer di bawah tekonya.

Cup of coffe anyone …🙂

3 Responses to “Cofee maker itu "hot"”


  1. 1 arfi April 16, 2009 at 12:50 PM

    wih… menggoda iman, mas hehehe…

    Ngopi di tempat dingin rasanya lebih maknyus Afri🙂

  2. 2 etanol April 23, 2009 at 2:34 AM

    tolong donk urutin hasil dari brewing menggunakana alat berikut:
    – coffee maker ini
    – frech press
    – moka pot

    Sudah disipkan pak, tunggu ya🙂

  3. 3 SYAIFULLAH June 15, 2009 at 11:23 AM

    kami dari perusahaan spesialis Pump ingin menawarkan pompa air untuk aplikasi mesin coffe untuk menggunakan pump untuk mentransfer air dari gallon ke mesin coffe.
    Pompa yang kami gunakan sudah standart NSF jadi aman untuk aplikasi makanan dan minuman.
    Pompa ini juga bisa untuk aplikasi kulkas sidebyside,icemaker,laboratory,dll.
    Untuk info lebih lanjut dapat menghubungi kami.
    Atas perhatiannya saya ucapkan banyak terimakasih.

    Regards,
    SYAIFULLAH
    telp.021 5661138/18
    fax.021 5661118
    hp.0815 116878 05
    email.www.ipul@trijayasatya.com


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s





%d bloggers like this: