Caswell's Coffee buat belajar ngopi

Nama Caswell’s sudah tidak asing lagi bagi penggemar kopi di Jakarta dan sudah banyak di muat di berbagai media massa. Acara cupping (test kopi) yang diadakan setiap minggu dihadiri oleh para pecinta kopi dari berbagai kalangan. Saya sih belum same ke taraf itu, baru jadi penikmat doang. Sesekali saya beli kopi di sini yang harganya seperempat kilonya sekitar 60 ribuan yang sudah di blend khusus untuk espresso. Sebenarnya mereka punya banyak jenis kopi baik single origin maupun blend (campuran kopi dari berbagai negara hasil ramuan tersendiri) 

Menikmati kopi sudah jadi bagian dari gaya hidup, makanya banyak orang relam membelanjakan uang puluhan ribu rupiah untuk sebuah kopi yang berkualitas. Di Caswell’s kita bisa mendapatkan kopi segar yang baru di masak (roast) dan tentu saja dengan kualitas yang  lebih baik dengan kopi yang ada di supermarket. Tinggal pilih mau kopi dari negara mana dan bisa langsung minta digiling di sini kalau kia tidak punya coffee grinder. Biasanya saya membeli “espresso blend” salah satu kopi unggulan di sini yang khusus buat disajikan dengan menggunakan mesin espresso. Siang tadi saya dilayani oleh finalis kejuaraan Barista dunia, mbak Siti Zuhriah yang berlomba dengan Paul Basset di tahun 2003. Paul adalah juara dunia World Barista Championship yang pernah membawakan acara kopi di Discovery Travel & Living.

Selain beli kopi, Caswell’s menyediakan berbagai perangkat mesin kopi dan aksesorisnya. Mesin espresso yang saya gunakan Rancilio Silvia juga di jual di sini dengan harga 8.5 juta. Selain mesin, saya juga melihat coffee grinder yang juga buatan Rancilio, aksesoris kopi dari Bodum, dan pernak pernik kopi lainnya.

Caswell’s memiliki roaster yang andalan, Agustinus Tasi yang bertugas meramu berbagai cita rasa kopi. Agus adalah juara Barista se Indonesia tahun 2009 yang lalu dan akan berlomba di SIngapura dalam kejuaraan tingkat Asia. Profesi roaster ini masih jarang di Indonesia karena memerlukan kepekaan indera perasa yang sensitif. Mencoba rasa kopi bukan hanya menyimpukan enak atau tidak enak. Ahli kopi bisa memperkirakan  dari masa asal kopi tersebut beserta intensitas, keasaman, dan berbagai istilah lainnya sesuai panduan dari Specialty Coffee Association of America. (SCAA) Saya mah belum taraf ke sini, masih jauh.

Jadi bila berada di Jakarta, anda bisa berkunjung ke  Caswell’s yang karyawannya tidak pelit bagi2 ilmu kopi yang ternyata asyik untuk dipelajari sambil nyeruput espresso dari para Barista-nya.

Salam ngopi.

20 Responses to “Caswell's Coffee buat belajar ngopi”


  1. 1 Agustinus Tassi June 3, 2008 at 8:43 AM

    Wow cool thanks,man..
    please come to caswell’s have a cupping with me…

    Thanks Pak Agus, saya selalu senang berkunjung ke Caswell’s bertemu dengan para ahli kopi dan menggugah saya untuk lebih tahu tentang minuman ini. Ajarin cupping ya ?🙂 Oh ya ini foto bagus mesin espresso yang saya ambil di Caswell’s, coba klik di sini. Salam.

  2. 2 Edwin Maolana June 17, 2008 at 1:21 PM

    Mas Toni… thanks for your reference. Saya sudah cupping dengan Mas Agus. Face to face euy.. hihihi… kapan-kapan kita cupping bareng Mas biar ada temennya.
    Nanti saya sharing pengalamannya di blog saya. Foto dapat dilihat di http://www.flickr.com/photos/edwinlab/

    Wah asyik banget. Saya sudah lihat dan kasih comment di Flickr-nya. Boleh dong bagi2 ilmunya buat pembaca di sini.😀

  3. 3 Priscilla June 24, 2008 at 9:10 AM

    WOW.. keliatannya asik nih tempatnya.. tpi jauh mas, di kemang hehehe… kapan2 deh baru cobain

    Emang jauh dari mana sih ?😀

  4. 4 Nunung Vassella June 30, 2008 at 7:46 PM

    Hi boleh gabung ngga nih?, coba dong cobain espresso dari little cafeku di Lebak Bulus, Pa Hendra pernah koq mampir ke tempatku, aku ingin banget saran dari pakar2 pencinta kopi dari site sini, aku tunggu yah, thanks
    POINS SQUARE lt.UG 58 lebak bulus

    Thanks Nunung, kalau mau cafe-nya dimasukan di blog ini, boleh dong kita bikin janji. Silakan tinggalkan komen di blog untuk atur waktunya ini. Salam😀

  5. 5 Nunung Vassella September 8, 2008 at 2:42 AM

    hallo again, sorry yah kehilangan sitenya cikopi, lupa waktu itu ngga si save, ok coba check ajah deh websiteku, oh ya kalo mo mampir boleh ajah after 3pm, biasanya udah disana tuh, ta tunggu yah🙂

  6. 6 jack November 8, 2008 at 2:44 PM

    slam kenal semua nya
    saya suka banget sama kopi…
    dari dl say punya rencana buat beli mesin grinder sama ekspresso..
    tapi buat home aja…
    saya ga tau beli dimana..
    ada yang bisa kasi info..?
    alamat saya di wiby_jalan2@hotmail.com

  7. 7 jack November 8, 2008 at 2:46 PM

    slam kenal semua nya
    saya suka banget sama kopi…
    dari dl say punya rencana buat beli mesin grinder sama ekspresso..
    tapi buat home aja…
    saya ga tau beli dimana..
    ada yang bisa kasi info..?
    alamat saya di wiby_jalan2@hotmail.com

  8. 8 kadek January 28, 2009 at 1:15 PM

    selamat sore….
    mesin kopi saya bisa beli dimana plus ada orang yg bisa ajarin saya bikin kopi terima kasih
    kadek

    Di Caswell’s aja, semuanya ada koq.

  9. 9 Jeff January 30, 2009 at 6:29 PM

    Thankx for sharing ya… segera saya coba begitu gajian hehehe😀

    http://kopitubruk-kayumanis.blogspot.com

  10. 10 rommy February 14, 2009 at 1:45 PM

    siang pak, bu
    saya manager dari Rc Lintong, supplier dari green beans nya kopi lintong, klu bapak dan ibu memerlukan bantuan dalam penyuplaian kopi lintong, saya dapat membantu, klu bapak dan ibu tertarik dapat menghubungi saya di 0812 6310 7203, atau e-mail di anton_83man@yahoo.com

    terima kasih

  11. 11 etanol March 17, 2009 at 1:01 AM

    pak minta link untuk info pameran tgl 15 april di PRJ

    saya dapet info ada pameran food and beverage dari pak bari caswell, di pameran ini casswel juga ada, mungkin ini info bagus untuk pembaca blog ini…

    hahaha.. saya mau hunting rancilio silvia nya caswel di pameran ini.. hiks, indent lama bener… bueteeee bener… keburu pengen belajar barista…

    Terima kasih infonya pak, kalau sempat saya akan liput. Saya tadi telepon Caswell’s juga tentang mesin kopi Silvia, tapi mereka memang tidak bisa menjanjikan kapan.

  12. 12 muhammad ilyan March 23, 2009 at 3:14 PM

    dear all,
    pak, saya ilyan. saya punya raw kopi luwak +/- 20 kg. asal palembang, jenis arabika, 100% asli. jika ada yg berminat, email ke vunyhowh4den@yahoo.co.id
    thanks.

  13. 13 levi April 22, 2009 at 9:24 PM

    wohoww.. sepertinya menarik sekali. jadi ada jadwal acara akhir pekan ke caswell’s nih..

  14. 14 johan May 31, 2009 at 10:02 PM

    Mas, Mba dimana bisa beli mesin kopi buat capucino kusus buat dirumah..jangan yang mahal lho,dibawah 7jt.terima kasih

  15. 15 Tanya mesin&training June 10, 2009 at 8:44 PM

    Pak apakah mesinnya masih 7,5 jtan? Syarat mengikuti training gimana,apa cukup datang ke cafe?terimakasih sebelumnya

    Harga terakhir sekitar 8.5 jutaan merek Rancilio tipe Silvia. Telepon dan bikin janji dulu dengan mereka.

  16. 16 Ramadhan Sjamsani June 17, 2009 at 12:57 PM

    @Johan:
    Kalau mau menggunakan mesin yang pakai pressurized filter, bisa cari saeco atau krups. Krups bisa di cari di multifortuna (dealer resmi indonesia) http://www.multifortuna.com/. Kalau saeco ada di blog di http://kopimesin.blogspot.com/. Hubungi aja yang ada di nomer itu. Harganya mulai 2 jt an – 6.5 jt .

    Tapi yg perlu diingat, presurrized filter tidak pernah menghasilkan aroma kopi yang sempurna.

    @Tanya mesin:
    Sepertinya dah diatas itu pak. Monggo tanya aja sama yg berwenang😀

  17. 17 ACHMAD SOBARI September 2, 2009 at 4:27 PM

    SOBARI CASWELLS RANCILIO,

    Pak Tony , harga mesin kopi silvia tetap rp8,500.000 + rocky no doser Rp.4.200.000, total Rp. 12.700.000,

    garansi 1 tahun service, spare-part tersedia.

    SILVIA TERBARU
    ini cocok untuk home use, Steam wand lebih besar.

    kalau ada kerusakan tinggal tekan ;
    081548195027, sobari caswells rancilio.
    SALES DAN TEKNISI.

    kalau mau untuk cafe boleh , pakai rancilio s1, s2 dan untuk lebih murah rancilio class 6. OPTIONAL GAS LPG.

    barangkali mau bikin cafe, setelah cupping kemarin……
    atau nyeruput coffee habis kerja…, santai sambil baca koran .

    terima kasih

    salam

  18. 18 rian October 29, 2009 at 1:12 AM

    pa sobari buat rancilio yang untuk cafe berapa kisaran harganya?

  19. 19 yuli November 8, 2009 at 9:50 PM

    Pak… saya lagi cari Krupps Coffee maker khususnya type XP 4020 dan 7240
    Juga barang-2 bekas restoran.

    Mohon info segera. tk

    Salam,

    yuli

    HP 0818 905 368


  1. 1 Finally Woken » Blog Archive » Another Reason To Drink and Be Merry Trackback on November 20, 2008 at 5:20 PM

Leave a Reply

